Suzuki Ertiga GX ESP AT

Varian tertinggi Ertiga non Sport adalah GX ESP. Salah satunya adalah Suzuki Ertiga GX ESP AT yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 2018. Mobil ini meengalami banyak perubahan jika dibandingkan varian lainnya yang lebih rendah. Karena harganya yang murah, mobil ini tetap masuk ke segmen low MPV dan siap merebut hati para pecinta mobil keluarga.

Spesifikasi Suzuki Ertiga GX ESP AT

Mesin kendaraan ini menggunakan unit K15B dengan kapasitas silinder sebesar 1462 cc. Silindernya 4 buah dengan sistem DOHC dan teknologi VVT, khas semua kendaraan Ertiga. Tenaga mobil juga meningkau jauh dari seri sebelumnya, yakni 105 PS. Torsi maksimum mobil ini 138 Nm sehingga performanya lebih baik. Varian AT menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan.

Dimensi mobil jauh lebih besar dari Suzuki Ertiga GX AT. Panjangnya adalah 4395 mm, lebar 1735 mm, tinggi 1690 mm dan ground clearance-nya 180 mm. Suspensi depan menggunakan Macpherson Strut, sementara bagian belakangnya torsion beam. Selain airbag, sistem rem sudah menggunakan modul ABS sehingga jaminan keselamatan berkendara lebih baik.

Interior Suzuki Ertiga GX ESP AT

Bagian dalam mobil menggunakan beige sebagai warna yang dominan. Penambahan aksen kayu sebagai liningnya menambah kesan mewah pada interior mobil. Trim pintu menggunakan bahan plastik, namun sisi arm-rest ditambah dengan bahan kain. Pembuka pintu menggunakan krom dan di sisi pengemudi ada tombol kontrol untuk jendela dan pintu.

Stir mobil didesain mewah dan sporty. Bagian bawahnya datar sehingga ruang kakinya meenjadi lebih lega. Kemudi dibalut dengan lapisan berbahan kulit berwarna abu-abu. Selain panel kayu sebagai dkorasinya, di sisi kanan kemudi terdapat audio steering switch. Di belakang kemudi adalah panel instrumen dengan background hezel. Meski masih monokrom, namun informasi yang ditampilkan lengkap.

Head unit mobil ini dibuat mengambang sehingga terkesan after market. Fiturnya tak jauh berbeda dengan Suzuki Ertiga GX MT di antaraya adalah rado AM/FM, sambungan bluetooth, dan sambungan USB. Kisi AC mobil ini terdapat dua buah yang juga bisa berfungsi sebagai pemanas. Pengaturannya sudah digital dengan auto climate.

Kapasitas mobil mampu menampung hingga 7 orang. Jok mobil menggunakan warna beige dan coklat untuk baris pertama. Sementara di baris kedua hanya single-tone beige yang terang. Masing-masing kursi mendapatkan head rest yang adjustable. Sayangnya, sabuk pengaman mobil masih menggunakan sifat fix. Kursi sudah berteknologi ISOFIC sehingga cocok untuk memasang kursi anak.

Exterior Suzuki Ertiga GX ESP AT

Bagian depan mobil nampak lebih segar. Hal ini dibuktikan Suzuki melalui grille-nya. Jika tipe Ertiga lain menggunakan garis putus-putus, di seri yang satu ini krom terlihat memenuhi grille namun ukurannya menjadi lebih tipis. Bagian bawah mobil juga kini didesain memiliki lekuk di bumper sehingga tampilannya lebih sporty dan dinamis.

Lampu utama mobil ini sudah mengusung proyektor. Sayangnya, jenis lampu yang digunakan masih halogen sama seperti Suzuki Ertiga GX ESP MT. Padahal, desainnya sudah terbaru dengan bentuk yang lebih tipis dan mirip dengan headlamp milik BMW. Di bagian bawahnya ada lampu kabut berbentuk bulat dan menggunakan jenis kristal multi reflektor.

Sisi samping mobil kini memiliki lekukan di bagian pintu sekitar handle. Spionnya sewarna dengan bodi, namun kini sudah ada lampu sein LED di bagian cover bawahnya. Velg mobil tampil dengan jari-jari banyak, namun warnanya masih single-tone berwarna silver. Ban mobil menggunakan Dunlop dengan profil 185/65 R15. Bagian pilar jendela kini dibuat floating sehingga desainnya berbeda dari Ertiga lainnya.

Bagian belakang mobil ini kini menggunakan lampu stop yang berupa LED bar. Bentuknya dibuat memanjang ke bagian atas pilar belakang. Meskipun tidak dilngkapi kamera parkir, namun sudah ada sensor parkir 4 titik di bagian bawahnya. Bagian belakang sudah ada wiper namun tidak ada spoiler di bagian atas.

Harga Suzuki Ertiga GX ESP AT

Meskipun tergolong varian yang tinggi, harga mobil ini masih dibanderol pada harga Rp 241,5 juta. Di kelas MPV, mobil Suzuki Ertiga GX ESP AT tergolong murah karena hanya di bawah 250 jutaan. Dengan fitur yang lebih lengkap dan canggih, kendaraan ini sangat cocok untuk membawa keluarga besar anda menikmati perjalanan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *